Perbandingan Produksi Bawang Merah dan Putih di Indonesia, Yuk Tingkatkan Produktivitasnya!

October 01, 2024 | Penulis: Rizqina Aulia
Perbandingan Produksi Bawang Merah dan Putih di Indonesia, Yuk Tingkatkan Produktivitasnya!

 

Bawang merah dan bawang putih merupakan komoditas penting dalam ekonomi Indonesia, terutama dalam hal ekspor dan kebutuhan domestik. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa produksi bawang merah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih. 

 

Data Produksi Bawang Merah dan Bawang Putih di Indonesia

 

Produksi Bawang Merah:

- Tahun 2021: 2.004.590 ton

- Tahun 2022: 1.982.360 ton

- Tahun 2023: 1.985.233 ton

 

Produksi Bawang Putih:

- Tahun 2021: 45.092 ton

- Tahun 2022: 30.582 ton

- Tahun 2023: 39.254 ton

 

Pada tahun 2021, produksi bawang merah mencapai 2 juta ton, sementara produksi bawang putih hanya sekitar 45 ribu ton. Perbandingan ini menunjukkan jauhnya perbedaan antara kedua jenis bawang dalam hal produksi. Pada tahun 2022, tercatat sedikit penurunan dalam produksi kedua jenis bawang. Meskipun demikian, produksi bawang merah masih jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih. Data ini menunjukkan bahwa bawang putih masih mengalami tantangan dalam meningkatkan produksinya. Hal ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti iklim dan kondisi geografis Indonesia yang tidak memungkinkan bawang putih ditanam secara luas. Di mana idealnya, bawang putih tumbuh di dataran tinggi dengan iklim kering dan pengairan yang cukup, yang hanya terdapat di beberapa daerah. 

 

Bagaimana Proyeksi Produksi pada Tahun 2024 Ini? 

 

Dalam meningkatkan produksi bawang putih, perlu perhatian mengenai beberapa faktor, seperti ketersediaan lahan, kualitas tanah, dan strategi pemupukan yang tepat. Program pemupukan yang efektif mampu meningkatkan produktivitas bawang putih maupun bawang merah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan domestik dan meningkatkan ekspor. Dengan demikian, dapat memastikan bahwa kedua jenis bawang ini tetap menjadi komoditas penting dalam ekonomi Indonesia.

 

 

Strategi Budidaya untuk Kedua Jenis Bawang

 

Dalam hal budidaya, pemupukan yang tepat sangat penting untuk meningkatkan produksi kedua jenis bawang ini. Pemupukan NPK (Nitrogen, Fosfor, Kalium), penggunaan kompos untuk meningkatkan kualitas tanah dengan menambahkan nutrisi alami, serta penggunaan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur untuk meningkatkan ketersediaan nutrisi tanaman adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan. Pengaturan pH tanah yang optimal juga sangat penting; pH yang ideal biasanya berkisar antara 6,0-7,0. 

 

Selain pemupukan yang tepat, diperlukan pula pemupukan yang terencana, dengan dosis dan jenis pupuk yang disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Keduanya harus mendapatkan perhatian pada waktu aplikasi dan dosis yang tepat agar nutrisi dapat diserap secara optimal, mendukung pertumbuhan dan hasil panen yang maksimal.

 

 

*Untuk melihat program pemupukan tanaman bisa cek website kami atau download Apps Petani Cerdas di Google Playstore.

Berita Lainnya