MTJ Meriahkan Seminar 3rd Anniversary Petani Sawit Mandiri

November 27, 2019
MTJ Meriahkan Seminar 3rd Anniversary Petani Sawit Mandiri

PT Meroke Tetap Jaya dan Squad Mutiara turut mensukseskan Seminar 3rd Anniversary Petani Sawit Mandiri yang bertemakan, " Seberapa Mampukan Petani Sawit Mandiri Keluar dari Ketidakpastian Harga TBS ." Selain itu, ada kegiatan "Pelantikan Pengurus SAMADE Periode 2019-2024 untuk wilayah Jambi".

 

Dua kegiatan ini berlangsung bersamaan di EV Garden Pall Merah Lama, Kota Jambi. Jumlah peserta yang hadir sekitar 200 orang, berasal dari Riau, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Dalam seminar, ada empat sub tema yang dibahas, yaitu Penguatan Kelembagaan Petani, Regulasi dan Kemitraan, Ganti Sawit Abal-abal dengan Bibit Unggul, serta PSR dan Ganoderma.

 

Sub tema itu diambil karena dilatarbelakangi permasalahan pembelian harga TBS petani mandiri yang tidak sesuai dengan ketetapan harga yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Ada beberapa faktor munculnya permasalahan tersebut, baik yang berasal dari sisi petani maupun pihak ketiga. Dari sisi petani, salah satu faktornya adalah tanaman sawit memasuki usia replanting.

Berita Lainnya