Durian, Buah Favorit dengan Produksi Terbesar di Jawa Timur

August 07, 2024 | Penulis: Rizqina Aulia
Durian, Buah Favorit dengan Produksi Terbesar di Jawa Timur

 

Durian adalah salah satu buah favorit banyak orang di Indonesia. Buah ini dikenal karena aroma khas dan rasa manisnya yang unik. Pada tahun 2023, Indonesia memproduksi durian sebanyak 1,85 juta ton, meningkat 17,05% dari tahun sebelumnya. Jawa Timur menjadi provinsi penghasil durian terbanyak di Indonesia dengan produksi mencapai 488.356 ton, yaitu sekitar 26,36% dari total produksi nasional.

 

Selain Jawa Timur, beberapa provinsi lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan juga berkontribusi besar dalam produksi durian. Masing-masing provinsi memiliki peran penting dalam meningkatkan jumlah durian yang diproduksi di Indonesia.

 

Berikut adalah volume produksi durian berdasarkan 5 provinsi teratas pada tahun 2023:

 

- Jawa Timur: 488.356 ton

- Jawa Tengah: 197.963 ton

- Jawa Barat: 158.693 ton

- Sumatera Utara: 137.353 ton

- Sulawesi Selatan: 88.969 ton

 

Sumber data ini berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023. Data ini membantu dalam memahami bagaimana produksi durian di Indonesia berkembang dari tahun ke tahun. Jadi, apakah list kontribusi terbesar tahun 2024 ini akan tetap berada di posisi yang sama? 

 

Dengan melihat potensi Indonesia yang memiliki zona agroekosistem beragam, diperkirakan masa depan produksi durian akan semakin berkembang. Zona agroekosistem beragam berarti bahwa Indonesia memiliki berbagai jenis tanah dan iklim yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman durian. Tentunya, harus  dilengkapi dengan perawatan dan perhatian mengenai nutrisi tanaman berupa pemberian pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap. 

 

 

Program pemupukan sangat penting dalam usaha memaksimalkan tanaman durian dapat tumbuh sehat dan berbuah dengan baik. Bahkan beberapa wilayah mampu menghasilkan durian di luar musim panen. Hal ini terjadi karena perawatan yang baik serta penggunaan pupuk yang tepat, berimbang, dan sesuai dosis yang disarankan. Dengan demikian, produksi tidak hanya terbatas pada musim panen saja dan memastikan durian tetap menjadi salah satu buah favorit di Indonesia dan terus berkembang.

 

Yuk tingkatkan produksi durian dengan perawatan yang baik dan penggunaan pupuk yang tepat! Untuk melihat program pemupukan tanaman bisa cek website kami atau download Apps Petani Cerdas di Google Playstore.

 

Salam Mutiara. 

Berita Lainnya