Tingkatkan Kualitas Hasil Panen Anda dengan Pupuk Kalsium Tepat

November 27, 2018
Tingkatkan Kualitas Hasil Panen Anda dengan Pupuk Kalsium Tepat

Hasil panen yang berkualitas adalah dambaan dari para petani, karena akan meningkatkan daya jual komoditasnya. Secara langsung, ini juga akan menaikkan kesejahteraan mereka. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kualitas hasil panen?

 

Agronomis PT Meroke Tetap Jaya Wilayah Sumatera Barat, Woko Widiantoro mengatakan ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas hasil panen. Salah satunya dengan memilih pupuk Kalsium (Ca) yang berkualitas. Sebab, Ca adalah unsur hara makro sekunder yang berperan penting dalam pertumbuhan tanaman, dan diperlukan pada titik-titik tumbuh jaringan baru.

 

"Fungsi Ca yang paling penting yaitu sebagai pembentuk dinding sel, menunda penuaan daun dan buah, dan meningkatkan retensi buah di pohon (menghalangi buah rontok). Penggunaan pupuk yang Ca yang tepat akan membuat sayuran dan kulit buah lebih mengkilat. Daya simpan hasil panen buah, bunga, batang, dan umbi pun lebih lama. Manfaat lainnya, mengurangi penyusutan setelah panen" jelas Woko.

 

Ca sendiri merupakan unsur hara yang bersifat immobile, sehingga gejala kekurangan tampak pada titik tumbuh dan ujung-ujung akar, misalnya busuk pada ujung buah (Blossom End Rot) pada tomat, busuk lunak (Sofe Nose Rot) pada buah mangga, busuk umbi (Internal Rust Spot) pada kentang, pecah atau retak buah pada jeruk dan semangka, ujung daun terbakar (Tip Burn)pada selada dan kubis, hingga Bitter Pit pada apel.

 

Dengan penggunaan pupuk Ca yang tepat, dinding-dinding sel tanaman menjadi lebih tebal. Tanaman pun lebih tahan terhadap serangan beberapa penyakit, seperti busuk kering (Antracnose) pada cabai, akar gada pada kubis, busuk umbi kentang (Erwinia), Botritys pada anggur dapat berkurangs secara nyata.

 

Untuk memenuhi kebutuhan Kalsium pada tanaman ini, PT Meroke Tetap Jaya memiliki KARATE PLUS BORONI sebagai pupuk Kalsium yang tepat untuk hasil panen berkualitas. Produk unggulan PT Meroke Tetap Jaya ini mengandung Ca larut air, sehingga Ca yang tersedia dapat diambil oleh akar tanaman mengikuti 'tarikan transpirasi' daun tanaman.

 

Pupuk yang berbentuk granular berwarna kuning ini selain mengandung Kalsium, juga mengandung Boron (B) yang berfungsi sebagai integritas dinding sel bersama dengan Kalsium. Selain itu mengandung Nitrat-Nitrogen (N-NO3), yang tidak menyebabkan tanah asam, sehingga memberikan hasil panen yang lebih tinggi.

 

"KARATE PLUS BORONI mudah diserap ke tanaman, misalnya cabai. Untuk cabai, KARATE PLUS BORONI bisa dikocor dari 1-4 MST, 5-8 MST, dan 9-18 MST dengan masing-masing tahap pertumbuhan tersebut sebanyak 2 kg/drum (1 drum = 200 liter air). Penggunaan KARATE PLUS BORONI akan membuat cabai tumbuh dengan sehat dan berkualitas," tambah Woko.

 

Salah satu petani cabai dari Batu Palano, Sungai Puar, Sumatera Barat yang bernama Yoga merasakan banyak manfaat dari penggunaan KARATE PLUS BORONI. "Manfaat yang didapat dari penggunaan KARATE PLUS BORONI pada tanaman cabai saya, di antaranya daun luas dan lebar, hijaunya terlihat segar, luas bunga rapat, buahnya banyak, dan membuat bunga tidak gugur. Sehingga, masa panennya bisa panjang. Sehat di dalam, segar di luar," ungkapnya.

 

 

Berita Lainnya