Pemupukan Durian yang Tepat dan Berimbang

December 18, 2018
Pemupukan Durian yang Tepat dan Berimbang

Budidaya durian akan menghasilkan panen yang berkualitas baik dan berkuantitas tinggi jika pemenuhan unsur haranya terpenuhi sesuai dengan kebutuhannya, baik makro maupun mikro. Untuk itulah, sebagai pembudidaya harus mengetahui jumlah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

 

Secara khusus, kekurangan unsur hara pada durian akan mempengaruhi kualitas buah. Defisiensi Kalsium (Ca) dan Kalium (K) membuat durian pematangannya tidak sempurna. Kalsium (Ca) dan Boron (B) berperan penting pada fungsi dinding sel. Sebab, semua pertumbuhan dan perkembangan jaringan baru pada titik-titik tumbuh baru (ujung akar, pucuk baru, jaringan baru) memerlukan Ca dan B.

 

Sementara jika kekurangan hara Kalium (K) akan membuat rasa durian menjadi hambar dan warna kurang sempurna dan besar buah durian pun tidak maksimal. Buah durian yang bentuknya tidak sempurna (malformasi) juga karena masalah Boron (B). Tentu, selain itu penyerbukan yang tidak sempurna juga faktor yang mempengaruhi.

 

 

Agar pemberian unsur hara tepat dan berimbang, Marketing Manager PT Meroke Tetap Jaya, Catur Dian Mirzada membuat kalkulator hara untuk pemupukan durian sesuai dengan target produksi. Kalkulator ini dibuat berdasarkan literatur dari Yan Diczbalis dan Darren Westerhuis (2005).

 

Misal, jika target produksi durian sebanyak 100 kilogram/pohon/tahun, maka nutrient applied yang harus dikembalikan/diberikan adalah N 0,32 kg, P2O5 0,25 kg, K2O 0,85 kg, MgO 0,20 kg, CaO 0,39 kg, dan B 0,005 kg (per pohon/tahun).

 

 

Asumsi ini sudah mempertimbangkan nutrisi dari berat buah durian yang dipanen, bagian vegetatif, dan kemungkinan kehilangan nutrisi karena menguap, tercuci, erosi, dan lainnya berdasarkan literatur tersebut, sehingga bisa dihitung pupuk-pupuknya.

 

Untuk program pemupukan durian, PT Meroke Tetap Jaya merekomendasikan NPK Mutiara PROFESSIONAL 9-25-25, KARATE PLUS BORONI, dan SuburKali BUTIR seperti pada tabel lampiran. Silahkan disimulasi, bila pohon durian berbuah lebih dari 100kg.

 

NPK Mutiara PROFESSIONAL 9-25-25 sendiri adalah pupuk lengkap yang menyediakan K tinggi yang diperlukan tanaman durian. Sementara dalam KARATE PLUS BORONI, mengandung hara N-Nitrat, Ca dan B yang berfungsi sebagai integritas dinding sel. Dinding sel yang kuat dan sehat, membuat hasil panen durian memiliki daya simpan lebih panjang dan tidak mudah busuk.

 

Sedangkan, SuburKali BUTIR mengandung K, Magnesium (Mg) dan Sulfur (S) yang seimbang. Keunggulannya, pupuk ini memiliki kandungan Klor yang rendah (Bebas Klor), mudah larut dalam air, dan dapat langsung diserap tanaman durian. Pupuk ini cocok untuk memacu pertumbuhan generatif dan meningkatkan kualitas hasil panen durian, serta memperkaya rasa dan warnanya.

Berita Lainnya