Mengenal Si Manis dan Legit, Kelengkeng

February 10, 2022
Mengenal Si Manis dan Legit, Kelengkeng

 

Tahukah Anda bahwa tanaman kelengkeng (Dimocarpus longan) berasal dari daerah subtropis di Cina bagian selatan??? Di negara asalnya kelengkeng dikenal dengan sebutan long yen atau likeng. Sentra utamanya terdapat di propinsi Guangdong, Guangxi, Sze-chuen dan Fujien. Kelengkeng menyebar ke negara Indochina seperti Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam dan Taiwan.

 

Di Indonesia, lengkeng lebih cocok tumbuh di dataran tinggi yang iklimnya mendekati subtropis, seperti di negara asalnya. Dengan cita rasanya yang manis & tekstur daging yang legit, membuat kelengkeng banyak disukai masyarakat Indonesia.

 

Dari sisi bentuknya, kelengkeng memiliki ciri-ciri bulat dengan ukuran mendekati bola pingpong. Kulitnya agak berbintil-bintil, dan rata-rata berwarna cokelat muda. Sementara itu, daging buahnya transparan dan berair. Bijinya bulat hitam.

 

Kandungan nutrisi pada kelengkeng memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebab, kelengkeng kaya vitamin, mineral, serat & protein dalam jumlah yang cukup. Vitamin yang terkandung dalam buah kelengkeng di antaranya: Vitamin B1, B2, B3 dan vitamin C. Sedangkan, mineral yang terkandung dalam buah kelengkeng adalah Besi, Magnesium, Kalium dan Tembaga.

 

Jika tertarik membudidayakan kelengkeng, agar hasilnya optimal, sebaiknya tanaman buah ini ditanam di tanah yang gembur. Adapun jenis tanah yang cocok: andosol, vertisol, latosol, atau tanah laterit. Dan pH tanah sekitar 5,5-6,5; curah hujan 2.500-3.000 mm per tahun dengan penyebaran merata sepanjang tahun.

 

Juga, dibutuhkan sinar matahari penuh dan suhu optimumnya 20-33 derajat Celsius dengan kelembaban udara relatif 65-90%. Sama dengan tanaman lainnya, untuk pemberian nutrisinya setidaknya dipenuhi 12 unsur hara. Yaitu: N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, B, Cu, Mn, Zn, dan Mo.

 

PT Meroke Tetap Jaya sudah membuat program pemupukan untuk kelengkeng. Berikut produk-produk yang kami rekomendasikan untuk budidaya kelengkeng, yaitu: SS (AMMOPHOS), NPK Mutiara PROFESSIONAL 9-25-25, NPK Mutiara 16-16-16, KARATE PLUS BORONI, NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE, dan Suburkali BUTIR.

 

Untuk pupuk foliarnya: MerokeCALNIT, MerokeMKP, MerokeMAP, MerokeMAG-S, MerokeKALINITRA, dan MerokeFITOFLEX. Dosis & aplikasi produk-produk tersebut, bisa dilihat pada Apps Petani Cerdas di Google Play Store: https://bit.ly/AppsAndroid-PetaniCerdas

Berita Lainnya