Kunjungan PT. Meroke Tetap Jaya dan Perwakilan K+S Jerman: Tips Pemupukan Semangka

July 10, 2024
Kunjungan PT. Meroke Tetap Jaya dan Perwakilan K+S Jerman: Tips Pemupukan Semangka

 

Pulau Kalimantan, yang terkenal dengan Tugu Khatulistiwanya, menjadi tujuan utama PT. Meroke Tetap Jaya dan perwakilan K+S dari Jerman untuk mendatangi petani semangka di Kalimantan Barat. Dalam kunjungan pada 28 Mei 2024 ini, tim PT. Meroke Tetap Jaya dan perwakilan K+S berbagi pengetahuan dan strategi pemupukan dalam meningkatkan produktivitas semangka kepada para petani yang ada di sana. 

 

Pemupukan yang efektif merupakan kunci dalam meningkatkan hasil panen semangka. Kandungan unsur hara seperti kalium, magnesium, dan sulfat sangat penting untuk pengisian buah semangka agar warnanya menjadi merah. Selain itu, hindari penggunaan pupuk yang mengandung klor, seperti KCL, serta pupuk urea yang dapat mengganggu proses pengisian buah semangka. 

 

 

Tentunya rekomendasi pupuk NPK mutiara yang berasal dari Rusia, Jerman, dan Cina sangat efektif untuk meningkatkan kualitas hasil panen semangka. Perpaduan antara kalium, magnesium, dan sulfat memang bagus sekali untuk pengisian buah dan kebutuhan nutrisi tanaman semangka. Namun, perlu berhati-hati dalam menggunakan pupuk Meroke KKB karena mengandung klor. Untuk tanaman sawit, kelapa, tebu, dan padi, pupuk Meroke KKB dapat digunakan, tetapi untuk tanaman hortikultura seperti semangka, melon, dan cabe, disarankan untuk menggunakan pupuk yang bebas klor.

 

Warna semangka menjadi lebih merah dan beraroma lebih harum apabila penggunaan pupuk yang tepat. Bukti visual dilapangan memperkuat rekomendasi pemupukan yang telah disampaikan. Selain pemupukan, petani semangka juga perlu memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi kualitas hasil panen. Pengelolaan air, pengendalian hama dan penyakit, serta pemilihan varietas yang sesuai dengan kondisi lingkungan juga berperan penting. 

 

 

Kunjungan ini diharapkan dapat membantu petani semangka di Kalimantan Barat meningkatkan kualitas hasil panen mereka. Dengan menerapkan tips dan trik pemupukan yang diberikan, para petani dapat memperoleh buah semangka yang lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan hasil usaha pertanian mereka. 

 

*Untuk melihat program pemupukan tanaman bisa cek website kami atau download Apps Petani Cerdas di Google Playstore.

 

 

Semoga informasi ini bermanfaat, Salam Mutiara! 

Berita Lainnya