Kenali Kesalahan-Kesalahan Berhidroponik #1

March 08, 2019
Kenali Kesalahan-Kesalahan Berhidroponik #1

Dalam memulai hidroponik, ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pemula hidroponik. Marketing Manager PT Meroke Tetap Jaya, Catur Dian Mirzada pun melakukan identifikasi kesalahan-kesalahan dalam berhidroponik, berdasarkan dari pertanyaan yang kerap diajukan kepadanya.

 

"Kesalahan pertama yang sering dilakukan dan ditanyakan, semaian yang sudah kutilang (kurus tinggi langsing), atau bahasa kerennya etiolasi," ucap Catur yang juga menjadi Manager di Silangit Farm.

 

Menurutnya, kondisi tanaman yang kutilang diakibatkan semaian kurang terkena sinar matahari penuh, terutama saat pagi hari.

 

"Kebanyakan benih sayuran umum yang dibudidayakan hanya perlu 1-2 malam dalam kondisi gelap. Ketika sudah terlihat benih pecah kecambah, maka segera jemur semaian, sehingga sehat dan cepat pertumbuhannya," ulasnya.

 

Sementara untuk ukuran benih yang lebih besar, lanjut Catur, menyukai perendaman semalaman dengan air hangat. Tujuannya agar kecambah lebih seragam dan serentak. Dan, untuk benih yang berukuran kecil tidak diperlukan.

 

"Air diperlukan untuk membangunkan benih dari tidur sementaranya (dorman) selama kedap udara di kemasannya. Tentunya, ada benih tertentu yang memerlukan perlakuan khusus. Jangan lupa, jika sudah pecah kecambah, jemurlah dan mandikanlah mereka dengan sinar matahari khusus," papar Catur.

Berita Lainnya