Cegah Jeruk Pecah

June 19, 2019
Cegah Jeruk Pecah

Bagi pembudidaya jeruk, pecahnya buah jeruk di pohon biasanya kerap terjadinya saat hujan tiba-tiba turun karena adanya perubahan ekstrem pada kadar air, suhu, dan kelembaban tanah. Dan, ini membuat pemasukan pembudidaya jeruk saat panen berkurang.

 

"Hujan yang turun tiba-tiba setelah kemarau yang panjang bisa menyebabkan jeruk pecah. Pada kondisi tersebut, serapan unsur Nitrogen (N) menjadi berlebih, sedangkan, serapan Kalsium (Ca) oleh tanaman menjadi berkurang. Buah pun tidak dapat menampung makanan dari akar, sehingga buah menjadi pecah," ucap Manager Area Sumatera Utara, Hartono.

 

 

Dari penelitian Blanchon (2005), pun menyatakan bahwa tanaman jeruk yang kekurangan Ca menjadi penyebab pecahnya buah pada jeruk. Sementara, dari penelitian Supriyanto (2010) diketahui bahwa rendahnya kadar Ca dan Boron (B) dalam tanah adalah penyebab dari pecahnya buah pada jeruk.

 

"Daripada merugi, sebaiknya pembudidaya jeruk mencegah jeruk pecah di pohon ini dengan memberikan pupuk yang mengandung Kalsium dan Boron, selain melakukan penggenangan parit kebun (saluran drainase) ketika musim kemarau dan memasang mulsa. Kan, sudah ada penelitian dari Shoodee dan Chiarawipa (2005) yang menyimpulkan bahwa dua unsur hara tersebut dapat mengurangi resiko pecah jeruk," ucap Hartono.

 

Dikutip dari situs balitjestro.litbang.pertanian.go.id, Ca pada tanaman jeruk berperan dalam menaikkan permeabilitas sel, sehingga lebih mampu mengimbangi pembesaran buah yang cepat saat hujan turun yang diakibatkan tanaman menyerap hara dan air yang lebih banyak dibandingkan saat musim kemarau, dimana hara banyak tidak terlarut dan sulit diserap tanaman.

 

Ca sendiri memiliki korelasi dengan B dalam merismetik akar tanaman. Jika konsentrasi B rendah, penyerapan Ca menjadi tidak optimal. 

 

"Agar kualitas buah jeruk terjaga, saya menyarankan juga memberikan pupuk Kalium untuk menghindari buah tidak berair, rasanya menjadi hambar, aroma buah kurang kuat, dan rasanya asam. Pemberian nutrisi yang tepat, adalah salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas hasil panen," sambung Hartono.

 

Untuk itulah, PT Meroke Tetap Jaya menghadirkan program pemupukan jeruk yang bisa menghasilkan panen yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Silahkan download pada link berikut ini https://www.meroketetapjaya.com/brosur/jeruk 

 

 

Program pemupukan ini sudah ada pupuk yang mengandung Ca dan B, yaitu KARATE PLUS BORONI yang direkomendasikan diaplikasikan pada sebelum pembungaan, pembentukan buah, pengisian dan pembesaran buah, serta pematangan buah. 

 

Pupuk yang mengandung Kalium juga ada, yaitu NPK Mutiara GROWER dan SuburKali BUTIR (bebas Klor) yang bisa diberikan saat pengisian dan pembesaran buah, serta pematangan buah. 

 

"Dengan mengikuti program pemupukan jeruk dari PT Meroke Tetap Jaya, buah jeruk yang ditanam pembudidaya, bisa lebih banyak, lebih besar, lebih manis, dan warna buah pun mengkilap. Selain itu, kualitas hasil panen lebih baik, dan daya simpan serta kesegaran buah lebih lama," papar Hartono.

 

Berita Lainnya