Cegah Bitter Pit pada Apel

January 21, 2020
Cegah Bitter Pit pada Apel

 

Kerusakan fisiologis pada tanaman akan membuat penurunan kualitas dan kuantitas hasil panen. Ada banyak hal yang memicu kerusakan fisiologis, salah satunya karena kekurangan unsur hara. Untuk tanaman apel, kekurangan unsur hara Kalsium (Ca) menyebabkan kerusakan fisiologis berupa bitter pit.

 

Pada tanaman apel yang mengalami bitter pit, tampak gejala-gejala baik dari gejala luar dan dalam. Jika dari gejala luar, muncul bercak-bercak pada kulit buah apel. Warna kulit buah pun berbeda dari warna kulit buah pada umumnya.

 

"Pada buah apel yang berwarna merah, bercak apel tampak gelap. Kalau buah yang berwarna kuning, bercak tampak hijau tua. Bercak akan mengendap ke bawah dan meluas ke seluruh bagian buah, yang kemudian bercak akan menjadi cokelat nekrotis," ucap M Rizky Affandi, Agronomis PT Meroke Tetap Jaya untuk wilayah Jawa Timur.

 

 

Lanjut Rizky, untuk gejala dalam, akan dapat diketahui setelah memotong buah apel menjadi dua bagian. Daging buah apel tampak bercak-bercak berwarna cokelat dan nekrotis yang menyebar. Untuk ukuran bercaknya, kurang lebih berdiameter 3-6 mm.

 

"Agar tidak terjadi penurunan kualitas dan kuantitas hasil panen, saya merekomendasikan petani untuk mengaplikasikan pupuk yang mengandung Kalsium. Sebab, kedua unsur hara ini dapat mencegah ataupun meminimalisir bitter pit," ujar Rizky.

 

Ca dibutuhkan tanaman apel sebagai bahan penguat dinding sel serta perekat antara dinding-dinding sel yang lebih kuat dan sehat. Selain itu, Ca sangat penting untuk titik-titik tumbuh tanaman seperti pucuk baru dan ujung-ujung akar. Dengan mengaplikasikan pupuk yang mengandung Ca, hasil panen buah apel akan memiliki daya simpan lebih panjang, tidak mudah busuk, dan mengurangi penyusutan setelah panen.

 

 

Untuk pupuk Kalsium ini, Rizky merekomendasikan KARATE PLUS BORONI yang merupakan produk unggulan dari PT Meroke Tetap Jaya. Produk ini mengandung Nitrat Nitrogen (N-NO3), Ca, dan Boron (B) yang mudah diserap oleh tanaman. KARATE PLUS BORONI ini mengandung Ca yang juga larut air, sehingga Ca yang tersedia dapat diambil oleh akar tanaman apel mengikuti 'tarikan transpirasi' daun tanaman.

 

"Tentunya pengaplikasian dari KARATE PLUS BORONI, akan membuat tanaman apel tidak mengalami bitter pit yang terindikasi karena kekurangan Kalsium," ucap Rizky.

Berita Lainnya