10 Jenis Anggur yang Rekomen Ditanam

December 21, 2022
10 Jenis Anggur yang Rekomen Ditanam

 

Anggur saat ini, trending untuk para pecinta tanaman. Baik di perkotaan mau daerah-daerah, banyak yang sudah mulai-mulai melirik anggur sebagai tanaman penambah estetika di rumah. Peluang bisnisnya pun masif belakangan ini, terutama pembibitannya.

 

Jenis anggur apa saja yang mudah ditanam, dan memiliki nilai ekonomi tinggi? Yuk simak rekomendasi dari kami.

 

Anggur Jupiter

 

Di Indonesia, jenis anggur ini termasuk jenis anggur yang cukup mudah untuk ditanam dan dirawat. Membutuhkan waktu sekitar 105 hari dari tahap pemangkasan hingga buah siap petik. Dagingnya buahnya tebal terasa manis, bahkan tingkat kemanisannya bisa mencapai brix 21.

 

 

Anggur Transfigurasi

 

Jenis yang menjadi primadona di kalangan pecinta anggur. Keunggulannya, daging buah yang besar, tebal dan rasa manis yang khas, bisa mencapai brix 20-23. Anggur jenis ini punya tingkat adaptasi yang sangat baik, cocok direkomendasikan untuk pemula.

 

 

Anggur Ninel

 

Varietas yang mudah dikembangkan dan tidak mengenal musim untuk berbuah. Bisa sampai 3 kali dalam setahun. Perawatannya tidak terlalu sulit bagi pemula atau yang baru ingin terjun budidaya anggur. Daging buahnya transparan dengan sensasi segar & manis yang khas.

 

 

Anggur Dixon

 

Anggur yang asalnya dari Ukrania dengan ciri khas warna kuning kemerahan apabila sudah matang. Tekstur buahnya renyah disertai kulit yang padat. Anggur dixon punya kemampuan adaptasi yang sangat baik dan vigor yang kuat.

 

 

Anggur New Baikonur

 

Warnanya merah dan ukuran sangat besar, anggur ini menjadi kebanggaan masyarakat Rusia. Ukuran buah per butirnya bisa mencapai 12-16 gram. Tingkat kemanisannya brix 19-20. Bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi.

 

 

Anggur Julian

 

Varietas yang berwarna pink saat matang ini berasal dari negara Ukraina. Memiliki kadar kemanisan, brix 16-18, dan tergolong anggur seeded atau berbiji. Keunggulannya, panennya lebih cepat dari varietas lainnya, kisaran 95-105 hari.

 

 

Anggur Gosv

 

Gosv, singkatan dari Gift of Zaphorozye Viking. Anggur gosv juga berasal dari Ukraina. Varietas ini adaptif di Indonesia, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Untuk tekstur buahnya, renyah dengan daging tebal dan kulit tipis.

 

 

Anggur Taldun

 

Membutuhkan waktu selama 1-2 tahun hingga berbuah. Tekstur buahnya yang cukup renyah, juicy dan rasa manis yang keluar ketika buahnya digigit. Untuk satu dompol anggur taldun mampu mencapai kisaran 600-1500 gram.

 

 

Anggur Beauty Kratsoka

 

Dari segi rasa manis, varietas beauty kratsoka memiliki brix 17-20. Nilai tersebut termasuk sangat tinggi untuk tanaman anggur. Tampilan fisiknya sangat menggoda, dengan warna kulit anggur merah dan gradasi ungu yang pekat.

 

 

Anggur Akademik

 

Bentuk varietas anggur ini bulat sedikit lonjong. Tingkat kemanisannya, bisa mencapai brix 18. Citarasa-nya manis dan bertekstur renyah karena tidak mengandung banyak air. Banyak pehobi yang bertanam anggur akademik.

 

 

Tulisan disadur dari Almira Grape, dan berbagai sumber lainnya.

Berita Lainnya